Belajar Memasak Ayam Goreng Crispy Ala Restoran di Rumah

Hello Sobat Barismedia! Apakah kamu suka makan ayam goreng crispy? Siapa sih yang bisa menolak kelezatan ayam goreng yang renyah di luar dan lembut di dalam? Nah, kali ini kita akan membahas cara memasak ayam goreng crispy ala restoran yang bisa kamu coba praktekkan di rumah. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum memulai memasak, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan dan alat yang diperlukan. Untuk membuat ayam goreng crispy, kamu akan membutuhkan:

Bahan Jumlah
Ayam 1 ekor
Tepung serbaguna 250 gram
Tepung beras 100 gram
Tepung maizena 50 gram
Bawang putih bubuk 1 sendok teh
Lada bubuk 1 sendok teh
Garam secukupnya
Air es secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Alat yang kamu butuhkan antara lain adalah:

  • Wadah untuk mencampur adonan
  • Garpu atau whisk untuk mengaduk adonan
  • Panci untuk menggoreng ayam
  • Saringan untuk menggoreng

Langkah-langkah Memasak Ayam Goreng Crispy

Setelah semua bahan dan alat sudah siap, berikut adalah langkah-langkah memasak ayam goreng crispy:

1. Siapkan ayam

Bersihkan ayam dan potong sesuai selera. Kamu bisa menggunakan ayam utuh atau memisahkan menjadi bagian paha dan dada.

2. Marinasi ayam

Siapkan wadah dan masukkan ayam yang sudah dipotong. Tambahkan bawang putih bubuk, lada bubuk, dan garam secukupnya. Aduk rata dan diamkan selama kurang lebih 30 menit agar bumbu meresap.

3. Membuat adonan tepung

Campurkan tepung serbaguna, tepung beras, tepung maizena, bawang putih bubuk, lada bubuk, dan garam secukupnya dalam sebuah wadah. Aduk hingga rata.

4. Melapisi ayam dengan adonan tepung

Ambil potongan ayam satu per satu dan gulingkan dalam adonan tepung hingga terlapisi merata. Pastikan setiap bagian ayam terselimuti adonan tepung.

5. Menggoreng ayam

Panaskan minyak dalam panci dengan api sedang. Setelah minyak panas, masukkan ayam yang sudah dilapisi tepung satu per satu. Pastikan tidak terlalu banyak agar ayam bisa matang dengan sempurna.

6. Menggoreng hingga matang

Goreng ayam hingga berwarna kecokelatan dan terlihat crispy. Setelah itu, angkat ayam dan tiriskan dari minyak menggunakan saringan atau tisu dapur.

7. Ayam goreng crispy siap disajikan

Tata ayam goreng crispy di atas piring saji dan hidangkan selagi masih hangat. Kamu bisa menikmatinya dengan nasi hangat atau sambal kesukaanmu.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahu cara memasak ayam goreng crispy ala restoran di rumah. Dengan bahan dan langkah-langkah yang tepat, kamu bisa menikmati ayam goreng yang renyah dan lezat kapan pun kamu inginkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!