Judul: Tips Membuat Kue Donat yang Lezat dan Empuk

Mengapa Kue Donat Begitu Populer?

Hello Sobat Barismedia! Siapa yang tidak suka dengan kue donat? Kue yang lezat, empuk, dan manis ini menjadi salah satu camilan favorit banyak orang. Donat memiliki tekstur yang lembut di dalamnya dan garing di luar. Kelezatan donat membuatnya cocok dijadikan teman saat bersantai atau minum teh di sore hari. Banyak orang yang penasaran bagaimana cara membuat donat yang lezat dan empuk seperti yang biasa mereka beli di toko. Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas tips dan trik untuk membuat kue donat yang sempurna di rumah.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita masuk ke langkah pembuatan donat, ada baiknya kita persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang akan digunakan. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan Jumlah
Tepung terigu 500 gram
Gula pasir 100 gram
Ragi instan 10 gram
Telur 2 butir
Mentega 50 gram
Garam 1/2 sendok teh
Susu cair 200 ml
Minyak goreng secukupnya
Gula bubuk untuk taburan

Langkah Pembuatan

Setelah bahan-bahan siap, mari kita mulai membuat kue donat yang lezat dan empuk ini. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Campurkan tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan garam dalam sebuah wadah besar. Aduk rata menggunakan sendok kayu.

Langkah 2: Tambahkan telur, mentega, dan susu cair ke dalam campuran tepung. Uleni adonan dengan tangan secara perlahan hingga terbentuk adonan yang kalis dan elastis.

Langkah 3: Tutup wadah dengan kain bersih dan diamkan selama 1 jam hingga adonan mengembang dua kali lipat.

Langkah 4: Setelah adonan mengembang, kempiskan adonan dengan menepuk-nepuknya menggunakan tangan. Giling adonan dengan rolling pin hingga tebalnya mencapai 1 cm.

Langkah 5: Gunakan cetakan donat untuk membuat bentuk donat. Jangan lupa untuk membuat lubang di tengah donat menggunakan penutup botol atau alat khusus donat.

Langkah 6: Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Goreng donat hingga kedua sisinya berwarna keemasan. Angkat dan tiriskan donat dari minyak.

Langkah 7: Setelah donat dingin, taburi donat dengan gula bubuk sebagai hiasan.

Kesimpulan

Sekarang Sobat Barismedia sudah tahu tips dan trik untuk membuat kue donat yang lezat dan empuk di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan menggunakan bahan-bahan yang tepat, Anda bisa menikmati donat homemade yang tak kalah enaknya dengan donat dari toko. Jangan lupa untuk berkreasi dengan topping donat yang beragam, seperti cokelat, keju, atau kacang-kacangan sesuai selera Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!