Top 20 Destinasi Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Hello, Sobat Barismedia! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang destinasi wisata di Indonesia yang wajib dikunjungi. Indonesia merupakan negara yang kaya akan keindahan alam, budaya, dan keragaman suku serta tradisi. Jadi, jangan sampai ketinggalan untuk mengunjungi destinasi wisata menarik di tanah air kita tercinta ini. Simak artikel berikut untuk mengetahui destinasi wisata apa saja yang patut masuk dalam daftar liburanmu!

1. Bali

Siapa yang tidak kenal dengan destinasi wisata yang satu ini? Bali merupakan salah satu tempat yang paling populer di Indonesia, bahkan di dunia. Pulau Dewata ini menawarkan pemandangan alam yang memesona, pantai yang indah, dan budaya yang kaya. Jangan lupa untuk mengunjungi Tanah Lot, Ubud, dan Kuta saat berada di Bali.

2. Yogyakarta

Yogyakarta, atau yang sering disebut Jogja, adalah kota yang kaya akan sejarah dan budaya. Jogja memiliki banyak tempat wisata menarik seperti Candi Borobudur, Keraton Yogyakarta, dan Malioboro. Jangan lupa juga untuk mencicipi makanan khas Jogja seperti gudeg dan bakpia.

3. Lombok

Lombok merupakan surga yang tersembunyi di Indonesia. Pulau ini memiliki pantai-pantai yang indah dan terkenal dengan Gili Trawangan yang merupakan destinasi snorkeling dan diving yang sangat populer. Jangan lewatkan juga untuk mengunjungi Gunung Rinjani yang menawarkan pemandangan alam yang spektakuler.

4. Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat terletak di Papua Barat dan merupakan salah satu destinasi wisata bahari terbaik di dunia. Di sini, kamu dapat menemukan keindahan alam bawah laut yang luar biasa, seperti terumbu karang yang berwarna-warni dan ikan-ikan tropis yang beragam. Raja Ampat benar-benar surga bagi para penyelam dan pecinta snorkeling.

5. Bromo

Gunung Bromo, yang terletak di Jawa Timur, adalah salah satu destinasi wisata paling ikonik di Indonesia. Keindahan sunrise di Gunung Bromo sudah terkenal di seluruh dunia. Jika kamu suka trekking, jangan lewatkan kesempatan untuk mendaki Bromo dan menikmati pemandangan yang menakjubkan dari kawahnya.

6. Toba

Danau Toba adalah danau vulkanik terbesar di Indonesia dan terletak di Sumatera Utara. Destinasi wisata ini menawarkan pemandangan alam yang spektakuler, terutama Pulau Samosir yang terletak di tengah danau. Di sini, kamu dapat menikmati keindahan danau sambil menjelajahi budaya Batak yang khas.

7. Bandung

Bandung adalah destinasi wisata yang sangat populer di kalangan wisatawan domestik. Selain terkenal dengan factory outlet dan kuliner, Bandung juga memiliki pemandangan alam yang menakjubkan seperti Tangkuban Perahu dan Kawah Putih. Jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Bandung seperti batagor dan nasi timbel.

8. Komodo

Kepulauan Komodo terletak di Nusa Tenggara Timur dan merupakan rumah bagi Komodo, hewan kadal terbesar di dunia. Destinasi wisata ini menawarkan pengalaman yang unik, seperti melihat Komodo secara langsung, snorkeling di Pulau Pink, dan trekking di Pulau Padar yang menawarkan pemandangan spektakuler.

9. Bunaken

Bunaken adalah surga bagi para penyelam. Terletak di Sulawesi Utara, Bunaken menawarkan terumbu karang yang indah dan kehidupan laut yang beragam. Kamu dapat melakukan snorkeling atau diving untuk mengeksplorasi keindahan bawah laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken.

10. Belitung

Pulau Belitung terkenal dengan pantainya yang indah dan bebatuan granit yang unik. Destinasi wisata ini menjadi terkenal setelah film Laskar Pelangi yang diadaptasi dari novel karya Andrea Hirata. Jangan lupa untuk mengunjungi Pulau Lengkuas yang terkenal dengan mercusuar tua yang masih berfungsi.

11. Toraja

Toraja terletak di Sulawesi Selatan dan merupakan destinasi wisata yang unik. Daerah ini terkenal dengan kebudayaan dan upacara pemakaman yang khas. Kamu dapat mengunjungi desa-desa tradisional di Toraja dan melihat rumah adat Tongkonan serta makam batu yang terletak di tebing.

12. Wakatobi

Wakatobi adalah destinasi wisata bahari yang terletak di Sulawesi Tenggara. Di sini, kamu dapat menemukan keanekaragaman hayati laut yang luar biasa, terumbu karang yang indah, dan ikan-ikan tropis yang beragam. Wakatobi juga merupakan tempat yang ideal untuk diving dan snorkeling.

13. Pulau Derawan

Pulau Derawan terletak di Kalimantan Timur dan merupakan destinasi wisata yang populer di kalangan penyelam dan pecinta alam. Di sini, kamu dapat menikmati keindahan alam bawah laut yang menakjubkan, seperti penyu hijau yang berkembang biak di Pulau Sangalaki.

14. Labuan Bajo

Labuan Bajo adalah gerbang menuju Kepulauan Komodo. Selain itu, destinasi wisata ini juga menawarkan pemandangan alam yang indah seperti bukit-bukit hijau, pantai-pantai yang cantik, dan sunset yang spektakuler. Jangan lewatkan juga untuk menjelajahi Pulau Kelor dan Pulau Kanawa yang terletak di sekitar Labuan Bajo.

15. Pulau Weh

Pulau Weh terletak di Aceh dan menjadi surga bagi para pecinta diving. Di sini, kamu dapat menemukan terumbu karang yang indah, ikan-ikan tropis yang beragam, dan bangkai kapal-kapal tenggelam yang menarik. Selain itu, kamu juga dapat menikmati keindahan pantai-pantai yang menakjubkan di Pulau Weh.

16. Pulau Karimunjawa

Pulau Karimunjawa adalah destinasi wisata yang terletak di Jawa Tengah. Pulau ini menawarkan keindahan alam yang memukau seperti pantai berpasir putih, air laut yang jernih, dan terumbu karang yang indah. Jangan lewatkan kesempatan untuk snorkeling dan diving di Pulau Karimunjawa.

17. Pulau Sumba

Pulau Sumba terletak di Nusa Tenggara Timur dan menawarkan keindahan alam yang memesona. Di sini, kamu dapat menemukan pantai-pantai yang eksotis seperti Tanjung Mareha dan Pantai Marosi. Jangan lewatkan juga untuk mengunjungi desa adat dan melihat upacara tradisional yang sangat unik di Pulau Sumba.

18. Danau Kelimutu

Kelimutu adalah sebuah danau yang terletak di Flores, Nusa Tenggara Timur. Yang membuat danau ini unik adalah adanya tiga danau berwarna yang berbeda di puncak gunung. Warna air danau ini sering berubah-ubah, sehingga menambah keindahan danau ini. Jangan lewatkan kesempatan untuk trekking ke Gunung Kelimutu dan menyaksikan keindahan danau-danau ini secara langsung.

19. Pulau Morotai

Pulau Morotai terletak di Maluku Utara dan menawarkan pantai-pantai yang indah serta terumbu karang yang mempesona. Destinasi wisata ini masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, sehingga keindahan alamnya masih sangat terjaga. Jika kamu mencari tempat yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk kota, Pulau Morotai adalah pilihan yang tepat.

20. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) terletak di Jakarta dan merupakan destinasi wisata yang cocok untuk keluarga. Di sini, kamu dapat menjelajahi keberagaman budaya Indonesia melalui paviliun-paviliun yang menampilkan rumah adat, tarian tradisional, dan kerajinan khas dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, TMII juga memiliki wahana permainan yang seru untuk anak-anak.

Kesimpulan

Itulah 20 destinasi wisata di Indonesia yang wajib dikunjungi. Dari Bali hingga Taman Mini Indonesia Indah, setiap tempat wisata menawarkan keindahan alam, budaya, dan pengalaman yang unik. Jadi, jangan ragu untuk merencanakan liburanmu di salah satu destinasi wisata yang telah disebutkan di atas. Selamat berlibur!

No Nama Destinasi Lokasi
1 Bali Pulau Bali
2 Yogyakarta DI Yogyakarta
3 Lombok Pulau Lombok
4 Raja Ampat Papua Barat
5 Bromo Jawa Timur
6 Toba Sumatera Utara
7 Bandung Jawa Barat
8 Komodo Nusa Tenggara Timur
9 Bunaken Sulawesi Utara
10 Belitung Kepulauan Bangka Belitung
11 Toraja Sulawesi Selatan
12 Wakatobi Sulawesi Tenggara
13 Pulau Derawan Kalimantan Timur
14 Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur
15 Pulau Weh Aceh
16 Pulau Karimunjawa Jawa Tengah
17 Pulau Sumba Nusa Tenggara Timur
18 Danau Kelimutu Flores, Nusa Tenggara Timur
19 Pulau Morotai Maluku Utara
20 Taman Mini Indonesia Indah Jakarta

Itulah daftar 20 destinasi wisata di Indonesia yang wajib dikunjungi. Jangan lupa untuk menambahkan destinasi-destinasi ini dalam daftar liburanmu selanjutnya. Setiap tempat memiliki keunikan dan keindahan tersendiri yang patut untuk dijelajahi. Selamat berwisata dan nikmati keindahan Indonesia!