Semua yang Perlu Kamu Tahu Tentang Persiapan Pernikahan di Tengah Pandemi Covid-19

Pernikahan di Tengah Pandemi Covid-19

Hello Sobat Barismedia! Kamu pasti sangat antusias dan bahagia karena akhirnya memasuki masa persiapan pernikahan. Namun, pasti ada kekhawatiran yang muncul akibat situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Jangan khawatir, artikel ini akan memberikanmu informasi penting tentang bagaimana mempersiapkan pernikahan di tengah pandemi ini. Yuk, simak selengkapnya!

Pentingnya Mengikuti Aturan dan Protokol Kesehatan

Sebelum memulai persiapan pernikahanmu, Sobat Barismedia perlu mengingat betapa pentingnya mengikuti aturan dan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir risiko penularan Covid-19 saat acara pernikahan berlangsung. Pastikan kamu dan pasangan memahami dengan baik protokol kesehatan yang berlaku.

Menentukan Jumlah Tamu yang Hadir

Selanjutnya, kamu perlu mempertimbangkan jumlah tamu yang akan diundang dalam pernikahanmu. Dalam situasi pandemi ini, sebaiknya mengurangi jumlah tamu yang diundang agar tetap menjaga jarak fisik yang aman. Buatlah daftar tamu yang terbatas hanya untuk keluarga dan kerabat terdekat. Hal ini juga dapat membantu mengurangi biaya yang harus dikeluarkan.

Pemilihan Lokasi yang Tepat

Pemilihan lokasi pernikahan juga sangat penting. Pilihlah tempat yang luas dan bisa memberikan ruang yang cukup untuk menjaga jarak fisik antar tamu. Outdoor venue seperti taman atau pantai bisa menjadi pilihan yang baik. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa lokasi tersebut menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan telah mendapatkan izin resmi untuk menyelenggarakan acara.

Menggunakan Masker dan Hand Sanitizer

Saat pernikahan berlangsung, pastikan semua tamu menggunakan masker dan menyediakan hand sanitizer di berbagai titik strategis. Hal ini akan membantu mencegah penularan virus dan memberikan rasa aman bagi semua tamu yang hadir. Jangan lupa untuk memberikan pengumuman sebelum acara agar semua tamu memahami pentingnya mematuhi aturan ini.

Menyediakan Jarak Fisik yang Aman

Selain menggunakan masker, Sobat Barismedia juga perlu memastikan bahwa di tempat acara terdapat tanda atau marka jarak fisik yang aman antar tamu. Pilihlah tempat duduk yang terpisah dengan jarak minimal satu meter. Jika memungkinkan, buatlah pembatas antar tamu untuk menjaga jarak fisik yang lebih aman.

Menyajikan Makanan dan Minuman dengan Aman

Dalam situasi pandemi ini, sebaiknya kamu menghindari menyajikan makanan dalam bentuk buffet atau self-service. Pilihlah opsi penyajian makanan yang lebih aman seperti makanan yang sudah diatur dalam porsi individu atau menggunakan layanan katering yang bisa mengantarkan makanan secara langsung ke tamu. Pastikan juga semua peralatan makan dan minum telah disterilkan dengan baik sebelum digunakan.

Komunikasi dengan Vendor dan Penyedia Jasa

Komunikasi yang baik dengan vendor dan penyedia jasa pernikahan juga merupakan hal yang sangat penting. Pastikan kamu sudah menjelaskan kebutuhan dan harapanmu terkait protokol kesehatan yang harus diterapkan. Pastikan juga mereka memiliki pengalaman dalam menghadapi pernikahan di tengah pandemi dan mampu memberikan solusi yang tepat.

Peralatan Pendukung Protokol Kesehatan

Siapkan juga peralatan pendukung protokol kesehatan seperti hand sanitizer, masker cadangan, dan termometer di tempat acara. Hal ini akan memudahkan tamu yang lupa membawa peralatan sendiri dan membantu memastikan bahwa semua tamu tetap aman selama acara berlangsung.

Mengganti Rencana Bila Diperlukan

Jika situasi pandemi berubah dan pemerintah menerapkan aturan yang lebih ketat, Sobat Barismedia harus siap untuk mengganti rencana pernikahanmu. Ada kemungkinan bahwa kamu perlu menggeser tanggal atau mengurangi jumlah tamu yang hadir. Jangan terlalu khawatir, yang terpenting adalah keselamatan dan kesehatan kamu, pasangan, dan tamu undangan.

Menyiapkan Anggaran dengan Bijak

Persiapkan anggaran pernikahan dengan bijak. Kamu perlu mempertimbangkan biaya tambahan yang mungkin timbul akibat penerapan protokol kesehatan seperti penyediaan peralatan pendukung, kebutuhan tambahan dari vendor, atau biaya perubahan tanggal. Buatlah perencanaan dan alokasikan dana dengan baik agar tidak terjadi kekurangan dana di tengah persiapan.

Pastikan Asuransi Pernikahan

Di tengah masa pandemi ini, penting bagi Sobat Barismedia untuk mempertimbangkan asuransi pernikahan. Asuransi ini akan melindungi kamu dari risiko pembatalan atau perubahan rencana secara tiba-tiba akibat pandemi. Cek dengan perusahaan asuransi terpercaya untuk mengetahui jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Menyusun Rencana Cadangan

Sebagai persiapan tambahan, buatlah rencana cadangan jika terjadi hal-hal yang tidak terduga. Misalnya, jika kamu atau pasanganmu jatuh sakit sebelum hari pernikahan atau jika ada perubahan aturan pemerintah yang mempengaruhi acara. Rencana cadangan ini akan membantumu menghadapi situasi yang sulit dengan lebih tenang.

Informasikan kepada Tamu tentang Protokol Kesehatan

Selain menginformasikan tamu tentang tanggal dan lokasi pernikahan, jangan lupa juga untuk memberikan informasi mengenai protokol kesehatan yang harus diikuti. Sampaikan informasi tersebut melalui undangan pernikahan atau media komunikasi lainnya seperti grup WhatsApp atau email. Pastikan mereka memahami betapa pentingnya mematuhi protokol kesehatan selama acara berlangsung.

Pilihan Hiburan yang Aman

Untuk menghindari kerumunan dan meminimalisir risiko penularan virus, pilihlah hiburan yang aman seperti live streaming atau pertunjukan virtual. Kamu dapat menyewa jasa fotografer dan videografer profesional untuk mengabadikan momen pentingmu secara eksklusif. Meskipun tidak ada tamu langsung, tetapi momen pernikahanmu tetap akan terkenang sepanjang masa.

Berbagi Kebahagiaan dengan Masyarakat

Tentu kamu ingin berbagi kebahagiaan pernikahanmu dengan orang lain. Meskipun tidak semua orang dapat hadir secara fisik, Sobat Barismedia bisa memanfaatkan teknologi sosial media untuk berbagi momen spesialmu. Bagikan foto dan video pernikahanmu di akun sosial media dan ajak keluarga dan teman untuk melihatnya secara virtual. Momen bahagiamu akan tetap dirasakan oleh banyak orang.

Kesimpulan

Memang tidak mudah mempersiapkan pernikahan di tengah pandemi Covid-19 ini. Namun, dengan mematuhi protokol kesehatan, melakukan persiapan dengan bijak, dan tetap fleksibel dalam menghadapi perubahan, Sobat Barismedia dapat menghadirkan pernikahan yang aman dan berkesan. Terus berkomunikasi dengan pasangan, keluarga, dan vendor pernikahanmu untuk memastikan semuanya berjalan dengan lancar. Selamat mempersiapkan pernikahan dan semoga menjadi momen yang tak terlupakan!